Friday, November 21, 2014

Latar Belakang

Salah satu peran perguruan tinggi adalah memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu yang dapat memberikan manfaat secara teoritis dan praktis untuk pemenuhan Tridharma perguruan tinggi. UPN “Veteran” yang terdiri dari UPN “Veteran” Jakarta, Jawa Timur, Yogyakarta memiliki komitmen untuk berpartisipasi aktif dengan melaksanakan kegiatan Call Paper yang  dapat dijadikan sarana bagi para akademisi, praktisi baik dari lembaga pemerintah maupun swasta menuangkan temuan, ide untuk berbagai permasalahan yang ada dibidang ekonomi.

 

SiNAU2 ini merupakan kegiatan bersama antara UPN “Veteran” Jakarta, UPN “Veteran”  Jawa Timur, dan UPN “Veteran” Yogyakarta yang masing-masing sepakat untuk kegiatan SiNAU ini menjadi kegiatan rutin dengan tema sesuai dengan isu yang manarik pada saat itu.

 

Pada tahun 2012 telah diselenggarakan SiNAU 1 dengan tema AKUNTANSI KEPRILAKUAN yang di inisiasi UPN “Veteran” Jawa Timur dengan respon yang sangat positif akademisi, praktisi ataupun masyarakat umum. Sebagai bentuk keberlanjutan FE UPN “Veteran” Jakarta akan menyelenggarakan SiNAU 2 pada Bulan Oktober  2013 dengan tema Mendorong Kapasitas Manajerial dan Akuntabilitas Usaha Kecil Menengah dan Entitas Lainnya yang memungkinkan untuk para peneliti, dosen, praktisi dan pemerhati ekonomi Small Medium Enterprises (SMEs) untuk berkontribusi melalui hasil penelitian yang dilakukan. Tema dengan fokus SMEs ini sengaja dipilih oleh UPN “Veteran” Jakarta mengacu kepada visi universitas yang tercakup dalam three in one yaitu Wawasan Kebangsaan, Kepemimpinan dan Kewirausahaan. Perkembangan SMEs dimotori oleh pelaku usaha kecil dan menengah perlu mendapat perhatian serius dari perguruan tinggi dalam bentuk memberikan pemikiran hasil penelitian guna meningkatkan skala usaha melalui meningkatkan kapabilitas manajerial, teknologi serta model kebijakan yang memberikan keberpihakan kepada usaha kecil dan menengah.